Makanan Khas Purbalingga

Siapa yang sudah pernah mencoba menu kuliner makanan khas Purbalingga. Tentunya jenis makanan dari kota yang satu ini cukup lezat dan menggoda. Sebagai salah satu kota yang ada di kawasan Jawa Tengah, Purbalingga rupanya menyimpan sejumlah menu makanan yang cocok untuk dicoba. Oleh sebab itu jika sedang menikmati perjalanan seputar wilayah tersebut jangan lupa untuk mampir dan mencobanya. Bagi yang merasa penasaran, berikut ini beberapa makanan khas Purbalingga yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Sroto

Makanan Khas Purbalingga
Makanan Khas Purbalingga

Pastinya pecinta kuliner sudah sering kali mendengar menu makanan yang satu ini. Bahkan tak jarang menu sroto dijumpai di beberapa sudut restoran di kota besar seperti ibukota. Memang menu ini sudah lama banyak dikenal masyarakat karena rasanya yang lezat dan khas. Memasaknya sendiri juga tidak begitu sulit. Sehingga cocok sekali bagi yang belum pernah mencicipi untuk menyempatkan waktu mencari sroto dikala senggang. Masakannya sendiri mirip dengan makanan berkuah sejenis soto. Namun bedanya yaitu penyajiannya yang menggunakan sambal kacang, ketupat lalu suwiran daging ayam. Selain itu ditambah pula dengan remasan krupuk untuk rasa yang lebih lezat dan khas.

Buntil

Makanan khas Purbalingga yang satu ini tentu juga sudah sering didengar oleh banyak orang. Bahkan saat ini di banyak tempat mulai dijajakan dengan mudahnya. Harganya juga cukup bervariasi, tidak mahal dan cukup terjangkau oleh banyak kalangan. Dengan bahan dasar berupa daun singkong, menu makanan ini diolah dengan parutan kelapa dan ikan teri. Bisa juga menggunakan bahan berupa daun papaya. Sementara untuk bumbu utamanya menggunakan berbagai macam bumbu dapur terutama bawang, cabai, lengkuas serta garam. Dimasak dengan kuah santan kekuningan lalu ditambahkan cabe merah untuk rasa yang lebih lengkap. Cocok dijadikan menu makan siang dikala lapar sangat menggoda. Lihat banyak sekali menu masakan enak khas nusantara hanya di https://makananoleholeh.com.

Tempe Mendoan

Makanan yang satu ini memang tersedia di berbagai wilayah. Apalagi memang rasanya cukup gurih dan berprotein tinggi. Terbuat dari bahan utama berupa tempe, tak heran bila makanan khas Purbalingga ini disukai oleh banyak kalangan. Harganya juga murah dan cukup terjangkau. Dibalut oleh tepung yang bercampur dengan kunyit dan digoreng hingga kering, menambah semangat bagi siapa saja yang sedang melahapnya. Apalagi saat dimakan dengan cabe rawit yang pedas, tentu rasanya jauh lebih enak dan lezat. Tidak hanya mudah didapatkan di berbagai tempat, tetapi juga mudah untuk memasak tempe mendoan sendiri di rumah. Lebih sehat dan sudah pasti lebih lezat.

Gulai Melung

Jika suka dengan menu makanan berbahan utama daging kambing, maka gulai melung ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dicoba. Makanan khas Purbalingga tersebut terbuat dari daging kambing yang kemudian dimasak bersama kuah gulai yang kental. Rasa bumbu yang tercampur di dalam kuah sangat pas dan juga cukup khas. Selain itu isinya bercampur juga dengan berbagai macam bahan lainnya, termasuk sumsum, babat dan jeroan. Kemudian disajikan dengan ketupat ataupun bisa juga dengan nasi putih hangat. Wah, sudah terbayang bukan kelezatan menu yang satu ini?

Itu tadi beberapa menu makanan khas Purbalingga yang patut untuk dicoba. Tidak hanya memiliki citarasa khas yang lezat, tetapi seluruh menu di atas juga mudah untuk ditemukan. Selain itu sudah banyak tersedia resepnya di dunia maya. Sehingga tidak perlu khawatir untuk memasaknya sendiri bila tidak sempat mengunjungi kota tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *